SMAN 10 YOGYAKARTA
Visi Misi
VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH
A. Visi Sekolah
TERWUJUDNYA GENERASI YANG BERIMAN, BERKARAKTER, BERPRESTASI, BERBUDAYA, DAN PEDULI LINGKUNGAN.
INDIKATOR VISI:
1. Taat menjalankan ibadah dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki karakter baik yang dibuktikan dengan nilai kepribadian hasil observasi seluruh guru mata pelajaran minimal Baik.
3. 100% siswa lulus Ujian Sekolah dengan rata-rata nilai untuk semua mata pelajaran minimal 80 dan nilai terendah untuk setiap mata pelajaran sama dengan KKM.
4. Dalam satu tahun mampu menjuarai minimal 20 jenis lomba bidang akademik dan non-akademik kategori juara I, II, dan/atau III minimal tingkat kota/kabupaten.
5. Minimal 90 % lulusan diterima di Perguruan Tinggi dengan minimal 50% nya diterima di PTN.
6. Mampu berbahasa Jawa Krama dengan baik yang dibuktikan dengan nilai uji praktik minimal 85% dari jumlah siswa di atas KKM.
7. Mampu mewujudkan lingkungan sekolah yang hijau, bersih, nyaman, aman, dan sehat.
B. Misi Sekolah
1. Melaksanakan pembelajaran agama dengan mengutamakan penghayatan dan pengamalan nilai-nilai ajaran agama yang dianutnya.
2. Mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam proses pembelajaran dan pembimbingan.
3. Melaksanakan pembelajaran dan pembimbingan yang aktif, efektif, kreatif, komunikatif, kolaboratif, inovatif, dan menyenangkan.
4. Melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler yang terprogram untuk dapat menjuarai berbagai lomba dalam bidang akademik dan non-akademik.
5. Melaksanakan pendalaman materi sebagai bekal untuk mengikuti Ujian Sekolah serta seleksi masuk perguruan tinggi.
6. Melaksanakan pembelajaran bahasa Jawa dengan penekanan pada kegiatan praktik berbahasa Jawa Krama.
7. Melaksanakan pengelolaan lingkungan sekolah yang hijau, bersih, nyaman, aman, dan sehat.
C. Tujuan Sekolah
1. Meningkatkan keimanan dan ketakwaan melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai ajaran agama yang dianutnya dalam kehidupan sehari-hari.
2. Meningkatkan pengamalan nilai-nilai pendidikan karakter dalam kehidupan sehari-hari.
3. Meningkatkan daya serap dalam proses pembelajaran, sehingga nilai Ujian Sekolah juga meningkat.
4. Meningkatkan perolehan kejuaraan lomba dalam bidang akademik dan non-akademik minimal tingkat kota/kabupaten.
5. Meningkatkan penguasaan materi pelajaran sebagai bekal untuk mengikuti Ujian Sekolah serta seleksi masuk perguruan tinggi.
6. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi menggunakan bahasa Jawa Krama dalam kehidupan sehari-hari.
7. Meningkatkan kepedulian warga sekolah terhadap lingkungan sekolah yang hijau, bersih, nyaman, aman, dan sehat.
…………..
Tujuan sekolah yang dimaksud di sini adalah tujuan jangka menengah yang ingin dicapai sekolah dalam kurun waktu 4 (empat) tahun ke depan yang realisasinya ditetapkan dalam bentuk target/sasaran sesuai dengan tuntutan 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan yang meliputi: Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar sarana dan Prasarana, Standar pengelolaan, Standar Pembiayaan, dan Standar Penilaian
D. Strategi
Semester satu dalam masa pandemi COVID-19:
1. Mengadakan siraman rohani, baik untuk siswa, guru dan karyawan muslim maupun non muslim, dua minggu sekali secara bergantian dengan pelaksanaan pembinaan Kepala Sekolah, setiap hari Senin pagi, kegiatan dilaksanakan secara virtual.
2. Menggiatkan sholat berjamaah bagi siswa, guru, dan karyawan muslim dan menggiatkan doa bersama untuk guru, karyawan dan siswa non muslim.
3. Bekerja sama dengan instansi lain dalam rangka meningkatkan dan menambah wawasan tentang imtak, iptek, bahasa asing, olahraga dan seni, KIR, dan olimpiade sains.
4. Meningkatkan SDM guru dan karyawan melalui workshop/diklat/ penataran/bimtek yang terkait dengan peningkatan mutu pembelajaran dan tugas pokok karyawan.
5. Mengoptimalkan pemanfaatan TIK dalam proses pembelajaran.
6. Mengadakan kegiatan pendalaman materi dan bedah SKL bagi kelas XII.
7. Memberikan layanan klinis bagi siswa kelas X, XI, dan XII yang membutuhkan pelajaran tambahan, berdasarkan hasil analisis yang dilakukan oleh Tim Bimbingan Konseling sekolah.
8. Menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan bakat dan minat siswa.
9. Mengikuti berbagai kegiatan lomba akademik maupun non akademik yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan/atau lembaga/institusi lain.
10.Memberikan layanan bimbingan dan konseling kepada siswa sebagai bekal untuk menentukan pilihan jurusan ke perguruan tinggi sesuai bakat, minat, dan kemampuan siswa.
11.Membentuk kelompok SAINS (KIR dan Olimpiade) dan kelompok pengguna bahasa asing yang mampu tampil bersaing minimal di tingkat kota/kabupaten.
12.Mengadakan peringatan Hari Besar Keagamaan dan Hari Besar Nasional dengan penekanan pada kegiatan yang terprogram.
13.Melaksanakan upacara bendera setiap hari Senin untuk menumbuhkan kedisiplinan dan rasa cinta tanah air.
14.Mengadakan kegiatan-kegiatan terprogram yang menumbuhkan rasa cinta tanah air, cinta budaya, dan peduli lingkungan.
15.Menggiatkan pengajian kelas sebulan sekali di rumah tempat tinggal siswa.
16.Melakukan kegiatan ‘Jumat Bersih’ di lingkungan sekolah
17.Membangun kebersamaan, kekompakan, dan guyub rukun antar warga sekolah
Semester dua pada kondisi New normal:
1. Mengadakan siraman rohani, baik untuk siswa, guru dan karyawan muslim maupun non muslim, dua minggu sekali secara bergantian dengan pelaksanaan upacara bendera, setiap hari Senin pagi.
2. Menggiatkan sholat berjamaah bagi siswa, guru, dan karyawan muslim dan menggiatkan doa bersama untuk guru, karyawan dan siswa non muslim.
3. Bekerja sama dengan instansi lain dalam rangka meningkatkan dan menambah wawasan tentang imtak, iptek, bahasa asing, olahraga dan seni, KIR, dan olimpiade sains.
4. Meningkatkan SDM guru dan karyawan melalui workshop/diklat/ penataran/bimtek yang terkait dengan peningkatan mutu pembelajaran dan tugas pokok karyawan.
5. Mengoptimalkan pemanfaatan TIK dalam proses pembelajaran.
6. Mengadakan kegiatan pendalaman materi dan bedah SKL bagi kelas XII.
7. Memberikan layanan klinis bagi siswa kelas X, XI, dan XII yang membutuhkan pelajaran tambahan, berdasarkan hasil analisis yang dilakukan oleh Tim Bimbingan Konseling sekolah.
8. Menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan bakat dan minat siswa.
9. Mengikuti berbagai kegiatan lomba akademik maupun non akademik yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan/atau lembaga/institusi lain.
10.Memberikan layanan bimbingan dan konseling kepada siswa sebagai bekal untuk menentukan pilihan jurusan ke perguruan tinggi sesuai bakat, minat, dan kemampuan siswa.
11.Membentuk kelompok SAINS (KIR dan Olimpiade) dan kelompok pengguna bahasa asing yang mampu tampil bersaing minimal di tingkat kota/kabupaten.
12.Mengadakan peringatan Hari Besar Keagamaan dan Hari Besar Nasional dengan penekanan pada kegiatan yang terprogram.
13.Melaksanakan upacara bendera setiap hari Senin untuk menumbuhkan kedisiplinan dan rasa cinta tanah air.
14.Mengadakan kegiatan-kegiatan terprogram yang menumbuhkan rasa cinta tanah air, cinta budaya, dan peduli lingkungan.
15.Menggiatkan pengajian kelas sebulan sekali di rumah tempat tinggal siswa.
16.Melakukan kegiatan ‘Jumat Bersih’ di lingkungan sekolah
17.Membangun kebersamaan, kekompakan, dan guyub rukun antar warga sekolah
E. Peningkatan Mutu Pendidikan
Peserta didik.
- Optimalisasi kegiatan Pendalaman Materi bagi peserta didik kelas XII.
- Optimalisasi kegiatan bedah soal-soal Ujian Sekolah dan soal-soal persiapan masuk perguruan tingga bagi peserta didik kelas XII.
- Optimalisasi KBM dengan memanfaatkan penggunaan Laboratorium, alat peraga, dan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
- Optimalisasi kegiatan remedial bagi peserta didik yang memperoleh nilai kurang dari nilai KKM dan pengayaan bagi peserta didik yang memperoleh nilai lebih dari nilai KKM dan ingin mengembangkan kompetensinya.
- Pengembangan diri bagi peserta didik yang tertarik terhadap ilmu alam, ilmu sosial, bahasa dan olah raga, dan keterampilan melalui kegiatan ekstrakurikuler
- Optimalisasi kegiatan studi lapangan bagi siswa kelas X dan XI.
Tenaga pendidik.
- Mengikuti Workshop/Diklat/Bimtek baik di dalam maupun di luar sekolah untuk peningkatan kualitas pembelajaran.
- Mengadakan studi banding ke sekolah lain untuk menambah wawasan keilmuan dan keterampilan, khususnya dalam pengelolaan pembelajaran.
- Mengikuti pertemuan MGMP, baik tingkat sekolah, Kota maupun Provinsi per mata pelajaran atau bidang studi.
- Meningkatkan keimanan, ketakwaan, dan kepribadian melalui kegiatan pengajian dan outbond.
- Meningkatkan penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi komputer dengan jaringan internet yang optimal.
Tenaga Kependidikan:
- Mengikuti Workshop/Diklat/Bimtek baik di dalam maupun di luar sekolah untuk peningkatan kualitas ketatausahaan.
- Mengadakan studi banding ke sekolah lain untuk menambah wawasan keilmuan dan keterampilan, khususnya dalam pengelolaan ketatausahaan.
- Mengikuti pertemuan musyawarah antar tenaga kependidikan, baik tingkat sekolah, Kota maupun Provinsi.
- Meningkatkan keimanan, ketakwaan, dan kepribadian melalui kegiatan pengajian dan outbond.
- Meningkatkan penggunaan media berbasis teknologi komputer dengan jaringan internet yang optimal untuk meningkatkan kualitas layanan ketatausahaan.